A.
Jenis-Jenis
Alat Komunikasi
Dewasa ini, di
kalangan dunia usaha, banyak perusahaan, baik perusahaan, baik pemerintahan
maupun swasta yang dalam usahanya, semakin mengandalkan mesin kantor guna
memungkinkan didapatkan hasil yang optimal. Perkembangan teknologi yang semakin
pesat, menuntut manusia untuk bertindak semakin cepat dengan memperhatikan
efesiensi disegala bidang.
Komunikasi
merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kegiatan kantor
memiliki hakikat kantor sebagai kumpulan orang yang bersama-sama menyelenggarakan kegiatan kantor atau
kegiatan ketatausahaan.
Menurut
jenisnya, alat komunikasi dapat dikelompokkan dalam tiga macam yaitu :
1. Alat komunikasi berupa audio, yaitu
suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran.
Contoh
:
a.
telepon
b. radio
c.
Tape recorde
2. Alat komunikasi yang berupa audio
visual, yaitu alat komunikasi yang dapat dilihat dan dapat didengar.
Contoh
:
a.
Televisi
b.
VCD
c.
Internet
3. Alat komunikasi berupa visual, yaitu
alat komunikasi yang ditangkap melalui alat penglihatan,.
Contoh
:
a.
Surat
b.
Chart
Bentuk Komunikasi lainnya, yaitu antara lain
:
1.
Komunikasi
Internal
Komunikasi Internal
merupakan bentuk pertukaran informasi dan ide di dalam organisasi.Sebagai pegawai,
kita adalah orang pertama mendengarkan keluhan pelanggan atau mengetahui
keadaan di lapangan yang menyebabkan penualan perusahan menurun.Menurut
informasi inilah yang dibutuhkan supervisor atau manajer kita dalam
melaksanakan tugasnya. Untuk menjamin keberlangsungan komuniakasi internal yang baik, kita menggunakan :
a.
Jaringan
Komunikasi Formal
Komunikasi yang dilakukan
berdasarkan rentang atau struktur organisasi perusahaan, baik berupa downward,
upward, atau horizontaal flow. Walaupun dalam kenyataanya keberadaan strukstur
tersebut tidak akan dapat menghalangi seluruh komponen organisasi berkomunikasi
satu sama lain.
1) Downward
Komunikasi atas ke bawah. Contohnya pimpinan memberikan intrusksi,
petunjuk, informasi, penjelasan, perintah, pengumuman, rapat, majalah intern.
2) Upward
Komunikasi yang terjadi dari
bawah ke atas. Contohnya: staf memberikan laporan, saran – saran, pengaduan,
kritikan, kotak saran kepada pimpinan.
3) Horizontal
Komunikasi mendatar, antara
anggota staff dengan anggota staff. Berlangsung tidak formal, antara lain
dengan komunikasi vertikal yang formal. Komunikasi terjadi tidak dalam suasana
kerja.
b.
Jaringan
Komunikasi Informal
Adalah
komunikasi yang terjadi di antara seluruh bagian organisasi sebagai perwujudan
kebutuhan manusia sebagai insan sosial.Menurut penelitian komunikasi yagn
terjadi di suatu organsasi kurang lebih 80% berlangsung dalam bentuk ini.Bahkan
perkembangan teknologi memungkinkan banyak eksekutif berusaha mendapatkan
informasi dari tangan pertama untuk memberikan tanggapaan yang lebih cepat atas
suatu masalah yang terjadi di lapagnan dalam jaringan komunikasi informal.
c.
Komunikasi
diagonal
Adalah
komunikasi antara pimpinan seksi atau bagian dengan pegawai seksi / bagian
lainnya.
2.
Komunikasi
Eksternal
Komunikasi
yang dilakukan untuk membawa informasi masuk atau keluar dari organisasi, dan
biasanya dilakukan dengan pelanggan maupun masyarakat yang berhubungan dengan
perusahaan.Selain bentuk komunikasi di atas, di bawah ni ada bentuk komunikasi
perkantoran yang lain.
a.
Komunikasi
Verbal
Komunikasi yang berupa
kata–kata yang disusun agar memiliki arti.Untuk menciptakaan kata- kata
tentunya dibutuhkan aturan–aturan grammar dan meletakkan potongan–potongan
kalimat sesuai dengan tempatnya.Setelah itu, kita kirim dalam bentuk tulisan
atau perkataan.
b. Komunikasi Non verbal
Adalah proses komunikasi tanpa kata,
berupa syarat, gerak tubuh ekspresi wajah, hubungan yang renggang,dan sikap
terhadap waktu yang tersedia ketika berkomunikasi tanpa, dengan kata lain, aksi
lebih berarti dibanding kata - kata. Komunkasi non verbal tidak terstruktur,
sehingga agak sulit untuk mempelajarinya karena dari satu budaya ke budaya
lainnya dapat berbeda dalam menginterpretasikannya, selain itu komunikasi non
verbal belangsung secara spontan dan tanpa ungkapan.
3.
Komunikasi
Tulisan
Komunikasi
ini dapt berupa memo, surat e-mail, faksimile, bulletin yang ditansfer melalui
tulisan / simbol pada sebuah media. Menurut Robbins, jenis komunikasi ini
digunakan karena berwujud dan dapa diverifikasi di pengadilan maupun sebagai
bukti adminstrasi keuangan. Pada umumnya, pihak pengirim dan penerima mempunyai
arsip yang dapat disimpan untuk jangka waktu tertentu.Kelebihan lainnya adalah
pengunaan kata- kata pada komunikasi ini lebih hati – hati, logis dan jelas dibandingkan
2 jenis komuniksi terdahulu. Adapun kekurangnnya adalah menghabiskan waktu,
baik ketika pesan ditulis maupun mendapat feedback sebuah surat.
B.
Perkembangan Alat Komunikasi
Sejak
jaman dahulu manusia telah menciptakan berbagai alat dalam melakukan komunikasi
khususnya media komunikasi jarak jauh untuk mendapatkan informasi atau tujuan
lainnya tanpa perlu mendatangi langsung ke tempat tujuan untuk mengetahui
informasi tersebut.Sejarah perkembangan komunikasi terus mengalami perubahan di
setiap masa.Mulai zaman prasejarah hingga era modern seperti saat
ini. Langsung saja ini merupakan sejarah perkembangan alat komunikasi dari masa ke
masa yang telah diciptakan manusia untuk mendapatkan informasi
yang lebih mudah dan maksimal.
Berikut ini merupakan beberapa
perkembangan alat komunikasi serta kekurangan dan kelebihan masing masing:
1.
Telegraf
Alat ini ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse, Sir William Cook, dan
Sir CharlesWheatstone pada tahun 1837. Menurut sejarahnya, pada tahun 1793 ditemukannya jalur telegraf optic
jarak jauh oleh Claude Chape. Kemudian tahun 1843, Samuel FB. Morse membuat jalur telegraf listrik
jarak jauh. Telegraf adalah
alat komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkandan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam
bentuk pulsa listrik. Di dalamnyaterdapat kabel-kabel tembaga yang
berguna untuk mengirimkan sinyal jarak jauh. Sinyal-sinya tersebut merupakan
kode-kode sederhana yang mewakili pesan yang dikirim. Kode tersebut
dikenal dengan nama kode morse yaitu sebuah sistem pengiriman pesandengan
perpaduan suara yang panjang (diwakili dengan tanda garis penghubung)
dan pendek (diwakili dengan tanda titik-titik) untuk mengkodekan bermacam-macam huruf,angka dan karakter yang
lain. Secara garis besar,cara kerjanya adalah data dikirim oleh
operator telegraf dengan cara menerjemahkan teks yang dikirim menggunakan peralatan
telegraf, oleh peralatan tersebut data dikirim melalui kabel listrik berupa pulsa listrik dengan arus panjang
dan pendek seperti pada kode morse. Pulsa listrik diterima oleh peralatan telegraf pada lokasi penerima, lalu
diterjemahkan oleh operator menjadi barisan teks yang kemudian akan disampaikan
kepada alamat yang dituju. Lama pengiriman data ditentukan oleh jauh dekatnya
jarak antar lokasi.Meski sudah berkembang alat komunikasi yang lebih canggih,
telegraf masih dipergunakan untuk keperluan navigasi pelayaran, pesawat udara,
dan komunikasi di bidang kemiliteran.
a.
Kelebihan dan Kekurangan
Mesin telegraf adalah mesin yang dapat mengirimkan pesan dalam waktu
sekejap dengan menggunakan kawat.Mesin telegraf yang ada saat itu masih
memiliki banyak kelemahan. Pertama, berita yang dikirimkan dalam bentuk titik
dan garis sandi Morse sampai ke kota tujuan dengan cepat tapi pesan hanya dapat
diserahkan ke alamat penerima melalui pos surat biasa. Kedua, biaya yang
diperlukan sangatlah mahal.Ketiga, jalur telegraf yang digunakan sangat sibuk
sehingga pesan yang diutamakan untuk dikirim adalah pesan-pesan penting.
2. Telepon
Beberapa puluh tahun yang lalu terjadi kontroversi tentang siapa yang telah
menemukan pesawat telepon.Selama ini yang kita kenal adalah Alexander
Graham Bell sebagai penemunya. Sebenarnya bukan, setelah berbagai
kontroversi dan pengakuan para ilmuan jaman dulu, mulai dari Elisha Gray
(Amerika), Philipp Reis (Jerman), dan Alexander Graham Bell (Amerika)
ternyata dalam sebuah kongres di Amerika Serikat menyatakan bahwa yang
menemukan pesawat telepon adalah seorang berkebangsaan Italia yang bernama
Antonio Meucci (Dikutip dari Detikinet.com).
Kalau kita lihat sejarah perkembangan telepon, dapat kita uraikan sebagai
berikut:
a)
Tahun 1889,
Almond Stroger menciptakan telepon yang dapat langsung berhubungandengan nomor telepon yang lain tanpa
melalui operator.
b)
Tahun 1906, Lee
de Frost menemukan tabung vakum untuk menguatkan gelombangsuara pada telepon.
c)
Tahun 19418, telah dilakukan
panggilan telepon antar benua di dunia.
d)
Tahun 1948, Perusahaan Bell Telephone
mengembangkan penggunaan transistor untuk telepon.
e)
Tahun 1962, Telstar satelit
komunikasi pertama dikirim ke orbitnya untuk melayani telepon jarak jauh.
f)
Tahun 1980, penggunaan kabel serat
optik sebagai saluran komunikasi antar benualewat bawah laut.
g)
PSTN, penggunaan telepon untuk Voice
Chatting.
Telepon adalah peralatan yang
mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon dan sebaliknya mengubah
energi listrik dari kabel jaringan telepon menjadi suara. Telepon berasal
dari bahasa Yunani, tele, berarti jauh
dan phone berarti suara. Telepon terdiri atas empat bagian utama, yaitu mekanisme dialing,
transmitter, ringer dan receiver.
a)
Mekanisme Dialing, bagian ini memungkinkan seorang
penelpon memasukkan nomor telepon yang ingin dihubungi. Biasanya terdiri
dari 12 tombol yaitu angka 10 tombol(dari 0
sampai 9), 2 tombol simbol yaitu bintang (*) dan tanda pagar (#).
b)
Transmitter, disebut juga pemancar atau microfon
yang berfungsi untuk mengubahsuara menjadi arus listrik kemudian dikirimkan kembali
melalui kabel telepon. Pemancar ini ada 2 jenis yaitu pemancar listrik
(electric transmitter) dan pemancar karbon (carbontransmitter). Electric Transmitter, di dalamnya
terdapat diafragma berbentuk bulat dan sebuah foillistrik yang dipasang di
belakangnya. Suara akan menyebabkan diafragma bergetar dangetaran itu akan
menimbulkan arus listrik pada foil listrik. Pemancar Karbon, di dalamnya terdapat diafragma terbuat dari aluminium dan
adalogam kecil yang berbentuk kubah yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan
ruangkarbon. Semakin kuat tekanan ruang karbon, maka akan semakin kuat arus
listrik yangmengalir pada kabel telepon.
c)
Ringer, berfungsi sebagai sinyal berupa
bunyi-bunyian yang menandakan bahwa adatelepon yang sedang masuk. Ringer,
awalnya terbuat dari sebuah lonceng kecil. Namun,sekarang ini diganti dengan
sebuah Chip yang memungkinkan bunyi penanda teleponmasuk berubah menjadi sebuah
nada lembut (polyponic ringtone) dan bahkan sebuahmusik/lagu.
d)
Reciever, disebut juga sebagai penerima yang
berfungsi sebagai pengubah arus listrik menjadi suara.
a.
Kelebihan Telepon
1) Tarif telepon lebih murah
2) Kualitas suara lebih jernih, tidak terputus-putus karena tidak tergantung
sinyal
3) Jangka waktu pemakaian telepon lebih lama/awet. Hal ini karena telepon
tidak mengalami gangguan berupa virus,
tidak memerlukan perawatan khusus.
b.
Kekurangan Telepon
1) Tidak praktis/efisien. Telepon terikat pada kabel sehingga tidak dapat
dibawa kemana-mana.
2) Kenyamanan. Telepon biasanya digunakan tidak secara personal sehingga tidak
efektif bila ingin menggunakannya.
3.
Telepon Genggam (Handphone)
Awal telepon dibuat hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line
telephone). Namun sejak 3 April 1973 telah dikenal suatu teknologi telepon
genggam atau yang sekarang banyak orang sebut dengan nama handphone (HP).
Saat ini handphone banyak digunakan
oleh masyarakat luas, selain untuk berkomunikasi ternyata handphone juga sudah menjadi
bagian dari gaya hidup, penampilan, tren, dan prestise (gengsi).
Dengan kecanggihan teknologi, kini handphone dibuat dengan berbagai bentuk
danukuran sehingga semakin menarik dan beragam. Fitur-fitur yang ditambahkan didalamnya juga sangat kompleks,
mulai dari kamera digital, radio FM, pemutar MP3/MP4, video, dan berbagai
jenis permainan yang menarik. Teknologi telepon genggam atau telepon seluler merupakan gabungan dari
teknologi telepon dengan teknologi radio, yang mengirimkan sinyal suara melalui
gelombang radio. Karena
bersifat nirkabel (wireless), maka telepon tersebut memungkinkanterjadinya
komunikasi bergerak. Di Indonesia terdapat dua teknologi handphone yaitu Global System for Mobile Comunication (GSM) dan
Code Division Multiple Access (CDMA). Secara prinsip, beda antara keduanya adalah cara penggunaan kode
dan pemancar frekuensi yang digunakan.
a) Global System Mobile Comunication (GSM)GSM awalnya merupakan akronim dari
Group Special Mobile, sebuah badan gabungan dari para ahli di Amerika yang melakukan studi bersama untuk menciptakan
suatu standar GSM. Kemudian akronim GSM
diganti dengan Global System for Mobile Comunication.GSM mempunyai pengertian sistem telekomunikasi bergerak yang menggunakan sistem seluler telepon
digital.
Sistem ini memiliki banyak kelebihan
dibandingkan dengan telepon tradisional. Diantaranya adalah suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih, efisiensi
spektrum atau frekuensi meningkat, mempunyai kemampuan optimal sistem yang
ditunjukkan dengan kemampuan kompresi dan coding data digital. GSM menggunakan teknologi
enkripsi (pengkodean) sebelum pesan suara
dikirimkan sehingga keamanan data lebih terjamin.GSM beroperasi pada frekuensi 900 ± 1800 MHz.
b) Code Division Multiple Access (CDMA) Untuk pertama
kalinya, Code Division Multiple Access (CDMA) digunakan pada PerangDunia II
oleh tentara sekutu untuk menggagalkan upaya Nazi Jerman dalam menyadapinformasi
dari mereka dengan cara mengacak pengiriman pesan. Informasi yang dikirimdan
diterima biasanya berbentuk digital. Data digital ini kemudian dikirim sebagai sinyal radio melalui jaringan nirkabel
dengan menggunakan kode unik untuk membedakan masing-masing panggilan. Dengan begitu, teknologi CDMA memungkinkan lebih banyak orang untuk
berbagi gelombang udara pada saat bersamaan tanpa gangguan sinyal di udara.
a.
Kelebihan Telepon Seluler
1) Praktis/efisien. Telepon seluler membantu dalam
hal kemudahan komunikasi.Ukuran telepon seluler yang makin lama makin kecil
lebih praktis dan lebih mudah dibawa kemana-mana.
2) Aksesori. Tersedia sejumlah aksesori untuk
melengkapi telepon seluler. Misalnya travel charger, headset, earphone, dll.
3) Keamanan. Terdapat berbagai
macam kode pengaman telepon.
b.
Kekurangan Telepon Seluler
1) Tarif. Tarif telepon yang mahal ditambah biaya roaming.
2) Sinyal. Jangkauan sinyal masing-masing operator yang terbatas sehingga
mempengaruhi kualitas proses telepon, yaitu suara menjadi tidak jelas dan
terputus-putus.
3) Virus. Dengan semakin bertambahnya telepon seluler mengakibatkan munculnya
virus yang menyerang komponen telepon seluler.
4) Perawatan dan pemeliharaan. Agar telepon seluler dalam keadaan baik maka
telepon harus ditangani dengan benar.
5) Mengganggu peralatan elektronik. Hampir semua peralatan elektronik modern
dilindungi sinyal frekuensi radio (RF). Meskipun demikian, ada peralatan
elektronik yang tidak dilindungi oleh sinyal RF dari telepon seluler.
6) Lingkungan hidup. Telepon seluler mengandung komponen yang terbuat dari
material logam dan plastic yang jika sampahnya ditimbun terus-menerus dan tidak
diproses dengan seksama dapat menjadi ancaman serius bagis lingkungan hidup
manusia.
7) Kesehatan. Adanya ancaman radiasi yang disebabkan oleh penggunaan telepon
seluler.
4.
Faksimili (Faks)
Faksimili ditemukan oleh Alexander Brain padatahun 1843. Faksimili berasal
dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya. Faksimili digunakan untuk menerima
dan mengiriminformasi melalui telefoto dengan sistem reproduksi fotografi sehingga memungkinkan kita
dapat mengirimkan salinan isi suatu
halaman, baik berupatulisan maupun gambar ke mesin faksimili lain melalui saluran telepon dalam
hitungan menit. Mesin Faksimili sering disebut juga dengan mesin fotocopy jarak
jauh. Ini berarti, baik pengirim maupun penerima pesan harus mempunyai mesin faksimili
karena cara kerja mesin faksimili adalah pengirimakan memasukkan dokumen ke
bagian dokumen feeder pada mesin faks, kemudianmenekan nomor telepon mesin faks
yang dituju. Apabila koneksi atau hubungan dari nomor pengirim ke mesin faks telah terjadi, mesin faks akan memindai (scan)
setiap halaman yang ingin dikirim dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang
kemudian dikirimkan melalui kabel telepon
ke mesin faks penerima.
a.
Kelebihan dan kekurangan
Mesin faks membantu pengiriman suatu
dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat. Ketika mengirim dokumen ke
tempat yang jauh, maka mesin faks akan mengirim lebih cepat dan spontan
melampaui kinerja pengiriman surat melalui pos. Namun kekurangan mesin faks
dalam kualitas telah menurunkannya dalam posisi di bawah surat elektronik atau emailsebagai bentuk alat transfer dokumen secara elektronik
yang telah tersebar luas dan digunakan banyak sekali orang.
5.
Pocket PC (PDA)
Alat ini tergolong yang paling modern dan banyak dimiliki oleh kalangan
tingkat atas.Pocket PC sering disebut sebagai komputer mini karena bentuknya
yang kecil dan dapat dibawa ke mana-mana. Selain itu, disebut juga dengan nama PDA (Personal
Digital Assistants) yaitu sebuah komputer
seukuran telapak tangan yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengakses
dan mengorganisasi informasi.
PDA sudah ada dan dikenal sejak bulan Agustus 1993 dengan nama Newton
Massage Pad yang dipelopori oleh Apple. PDA
merupakan hasil kerjasama Steve Caps, Walter Smith, dan Michael Tchao yang
merilis Newton PDA dengan sistem operasi NewtonVersi 1.0.Kemudian pada awal
tahun 1995, Palm Computing meluncurkan PDA dengankonsep yang lebih sederhana,
hanya sebagai organizer elektronik belaka. Dalam waktu yang hampir sama, ketika dunia
komputer mulai memperhatikan aspek portabilitas- nya(aspek kemudahan untuk dibawa), maka lahirlah produk semi-notebook
seperti Psion.Inilah yang mengilhamkan produk PDA memasukkan fungsi
komputer secara perlahan, khususnya Microsoft dengan Pocket PC-nya.
Beberapa PDA saat ini menggunakan sistem operasi berbasis Windows, Palm,
Linux,Symbian, BlackBerry, dan Android. Biasanya, PDA juga dilengkapai dengan
virtual keyboard pada layarnya dan juga dapat
menggunakan keyboard tambahan yang dipasangke PDA agar proses input menjadi
lebih cepat. Proses memasukkan data yang paling umum pada PDA adalah lewat
Stylus Pen yang disertakan bersama PDA tersebut, sehinga kita dapat memasukkan huruf dengan menuliskannya pada permukaan
layar PDA dengan menggunakan software Grafitti.
Beberapa PDA sudah dilengkapi software - software tersebut, tapi ada juga
software yang harus kita beli atau kita
download untuk menambahkan kemampuan PDA kita. Ada juga PDA yang mengharuskan kita
menambahkan hardware tertentu agar fungsi PDA menjadi lebih banyak lagi,
seperti kamera digital, ponsel dan GPS (Global Positioning Systems). PDA juga dapat saling
bertukar data dan/atau informasi dengan komputer desktop atau komputer
laptop juga dengan PDA itu sendiri, untuk melakukan hal tersebut beberapa
mengharuskan kita menggunakan hardware dan software tambahan tapiumumnya semua
PDA menyediakan software dan hardware untuk proses sinkronisasi tersebut dalam bundelnya. Namun walau
bagaimanapun, setiap teknologi
PDA mempunyai kelebihan dan kekurangan
yang ikut dibawa bersamanya. Salah satu kekurangan PDA adalah baterai yang tidak tahan lama.
a.
Kelebihan
1) Lantaran
berukuran kecil dan ringan, piranti ini jelas menjadi penopang mobilitas kerja,
sehingga kita bisa membawanya kemana-mana dan dimana saja kita dapat melakukan
kerja dengan piranti ini.
2) Sebagian
aplikasi berharga murah bahkan ada yang dapat di-download secara gratis dari
Internet.
3) Aksesoris
dan Perlengkapan, sebagian aksesoris dan perlengkapan umumnya
dapat diperoleh dengan gampang.
4) Instant, proses
booting tidak memakan waktu yang lama dibandingkan desktop atau notebook.
5) Baterai.
Umur baterai tergantung model, tapi pada umumnya PDA punya ketahanan digunakan
minimal sehari tanpa dicolokkan ke listrik. Bahkan ada yang bisa diganti dengan
baterai alkaline biasa.
6) Sinkronisasi
Desktop. Anda bisa melakukan sinkronisasi data antara PDA dengan PC secara
gampang dan praktis.
7) Wireless.
Sebagian piranti PDA dilengkapi fasilitas teknologi tanpa kabel sehingga
memudahkan kita bekerja di mana saja.
8) Sinyal
Infrared. Memudahkan fasilitas transfer data tanpa perlu kabel atau peranti
tambahan lainnya.
9) Cukup
satu alat. Dengan alat ini, kita tidak perlu menenteng buku, kalender, arloji,
bahkan ponsel, karena saat ini ada PDA yang sudah ter-integrasi dengan ponsel.
b.
Kelemahan
1) Ukuran
dan berat Lantaran berukuran terlalu kecil, kadangkala Kita lupa menaruhnya
dimana, atau terjatuh ketika kita simpan didalam saku kemeja atau bahkan kita
benar-benar kehilangan piranti yang satu ini.
2) Aplikasi.
Hampir semua OS di handheld tidak bisa di-upgrade layaknya OS di PC desktop
atau notebook.
3) Aksesoris
dan perlengkapan. Lantaran terlalu banyak aksesoris dan perlengkapan, terkadang
justru membuat ribet dan berat, apalgi jika kita sering bergerak mobile.
4) Input
Data. Proses meng-input data lebih lambat, baik menggunakan pena stylus maupun
dengan kibor mini. jauh lebih kikuk dibanding input data di PC.
5) Baterai.
Bila kita mencolokkan piranti ini ke sumber listrik AC terlalu lama, umur batre
akan merosot lebih cepat dibanding umur normalnya.
6) Kenampakan
layar. Sebagian PDA memang memiliki layar yang bagus, tetapi sebagian besar
layar PDA sangat susah dibaca ketika berada dibawah terik sinar matahari.
7) Kerusakan
layar. Layar PDA biasanya sensitif terhadap goresan. kadangkala sensitifnya
berlebihan sehingga layarnya mudah rusak.
8) Standarisasi.
Standarisasi PDA terlalu banyak, mulai dari hardware-nya maupun software-nya,
sehingga meyulitkan untuk pengembangan lebih lanjut.
9) Perubahan
yang cepat. Perkembangan yang cepat mebuat kita kadangkala merasa sayang
membeli alat yang secara teknologis tidak berumur lama.
6.
Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking)
secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP)
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar)
ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet
switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Internet merupakan jaringan komputer yang
dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang
disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka
mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis
UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui
saluran telepon.
Proyek
ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat
dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal
dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen
Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan
komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital
untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari
terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya
ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute,
University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka
membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET
diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini
berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab
itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan
militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan
non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya
dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi
Internet.
Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi
teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk
berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum.Badan ini mengeluarkan dokumen yang
dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh
Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB).
Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas,
ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File
Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH.
Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang
dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet
memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan
webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet
dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih
melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN MessengerWindows Live Messenger, Twitter, dan lain sebagainya.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup
(Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.
Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas
bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet
melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi
dan data secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya
bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos
atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.
Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan namae-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi
pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan
peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi
pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di
daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat
pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib
tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan
peraturan (UU ITE).
a.
Kelebihan
1) Konektivitas dan jangkauan global
2) Akses 24 jam
3) Kecepatan
4) Interaktivitas dan fleksibilitas
a.
Kelemahan
1)
Ancaman virus
2)
Ketergantungan pada jaringan
telepon, satelit dan Internet Service Provider
C.
Kekurangan & Kelebihan Alat Komunikasi
Pada umumnya, bila menggunakan
mesin-mesin kantor walaupun melalui tahap perencanaan terlebih dahulu,
ditemukan beberapa keuntungan dan kerugian.
1. Keuntungan
a. Dapat menghemat biaya, bila dipergunakan secara maksimal dan sesuai
kebutuhan.
b. Dapat menghemat tenaga dan waktu.
c. Pengendalian atas ketelitian dan ketepatan lebih mudah dilaksanakan.
d. Memudahkan pengawasan.
e. Dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan rapi.
f. Keterangan yang dimuat dapat lebih banyak.
g. Dapat mengurangi rasa bosan dibandingkan dengan penggunaan tulisan tangan.
h. Dapat mengurangi kelelahan pegawai sehingga dapat menambah mutu pekerjaan.
2. Kerugian
a. Tingkat penyusutan dari beberapa jenis mesin tertentu adalah tinggi
b. Mesin-mesin tertentu memerlukan biaya yang tinggi untuk pengadaan dan
pemeliharaannya.
c. Sulit mendapatkan operator mesin yang cakap dan perlu adanya biaya untuk
melatih mereka.
d. Kadang-kadang fleksibilitas daei beberapa metode mesin sulit didapatkan dan
diterapkan.
e. Sulit dalam pemeliharaan dan perbaikan pada mesin-mesin tertentu bila
terjadi kerusakan.
D.
Masalah yang sering terjadi pada alat komunikasi
Komunikasi seringkali terganggu atau bahkan dapat menjadi
buntu sama sekali. Faktor hambatan yang biasanya terjadi dalam proses
komunikasi, dapat dibagi dalam 3 jenis yaitu sebagai berikut :
1.
Hambatan
Teknis
Hambatan
jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap
kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan
fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan
baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran
komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien.
2.
Hambatan
Semantik
Gangguan
semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara
efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat
bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas
bagaimanapun baiknya transmisi. Untuk menghindari mis-komunikasi semacam ini,
seorang komunikator harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan
karakteristik komunikannya, serta melihat dan mempertimbangkan kemungkinan
penafsiran yang berbeda terhadap kata-kata yang digunakannya.
3.
Hambatan
Manusiawi
Hambatan
jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang
yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan.
REFERENSI
Bagis, Laila Al-Mizza. 2013. Media Komunikasi Modern serta Kelebihan dan Kekurangannya. http://lailabagis.blogspot.com/2013/07/media-komunikasi-modern-serta-kelebihan_28.html. Diakses 20 Maret 2015
Irawan, Andy. 2011. Kendala Dan Masalah Komunikasi Bisnis. http://andhy-brenjenk.blogspot.com/2011/10/kendala-dan-masalah-komunikasi-bisnis.html. Diakses pada 20 maret 2015
Artiny, Lia. 2013. Komunikasi Kantor. http://lianuraliny.blogspot.com/2013/04/komunikasi-kantor.html.
Diakses pada 20 Maret 2015
Dino, Anugrah. 2015. Komunikasi Kantor. http://anugerahdino.blogspot.com/2015/02/alat-komunikasi-kantor.html. Diakses pada 20 Maret 2015
Bimbingan. Tahun tidak tercantum. Mengenal jenis-jenis
mesin komunikasi kantor. http://www.bimbingan.org/jenis-jenis-mesin-komunikasi-kantor.htm. Diakses pada 20 Maret 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar